Powered By Blogger

Senin, 01 Juni 2015

Gangguan Pada Sistem Peredaran Darah

Beberapa gangguan yang berkaitan dengan sistem peredaran darah adalah.

1.       Leukemia/ Kanker Darah
Penderita leukemia memiliki kelainan pada pembentukan sel darah putih yang melonjak tajam melebihi normal sehingga mulai menyerang sel-sel sekitarnya, contohnya sel darah merah.

2.       Anemia
Anemia adalah keadaan di mana hemoglobin yang terkandung dalam sel darah merah mengalami penurunan jumlah dibandingkan dengan keadaan normal, sehingga pengikatan oksigen akan menjadi berkurang pula. Imbasnya yaitu sel-sel di seluruh tubuh tidak dapat melakukan metabolisme secara sempurna yang menyebabkan penderita anemia akan kelihatan lemas, pucat, dan kurang bersemangat. Anemia dapat disebabkan oleh kehilangan darah yang banyak akibat kecelakaan, operasi besar, dan melahirkan. Juga dapat disebabkan oleh kurangnya konsumsi zat besi dan asam folat serta vitamin B2.

3.       Hemofilia
Penyakit ini ditandai dengan perdarahan sukar membeku. Hemofili adalah “warisan yang tidak diinginkan” karena penyakit ini adalah penyakit genetik, artinya jika orang tuanya memiliki gencarier untuk penyakit ini, maka kemungkinan besar anaknya akan mengalami hemofili.

4.       Hipertensi
Hipertensi dikenal di masyarakat awam adalah penyakit darah tinggi yang ditandai dengan kenaikan tekanan darah di atas normal. Tekanan darah normal orang dewasa berkisar 120/80 mmHg, artinya sistoliknya 120 mmHg dan diastoliknya 80 mmHg.

5.       Hipotensi
Hipotensi adalah kebalikan dari hipertensi, yaitu tekanan darah yang berada di bawah normal. Bisa disebabkan akibat kehilangan darah yang banyak akibat kecelakaan berat, maupun akibat dehidrasi yaitu keadaan tubuh yang kekurangan cairan.

6.       Varises
Varises adalah keadaan dimana pembuluh balik (vena) mengalami pelebaran. Penyebabnya adalah akibat darah yang tertahan. Biasanya varises ditemukan di bagian kaki atau betis karena pengaruh gravitasi. Penyakit ini sering dialami oleh orang yang terlalu lama berdiri ataupun wanita yang sedang hamil.


7.       Sklerosis
     Sklerosis adalah pengerasan atau pengapuran pada pembuluh arteri yang disebabkan oleh endapan lemak atau kalsium. Penyakit ini banyak ditemukan pada orang obesitas dan atau orang lansia.

Sumber :
http://softilmu.blogspot.com/2014/11/gangguan-pada-sistem-peredaran-darah.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar